POLA ASUH IBU DENGAN KEMAMPUAN SOSIALISASI ANAK PADA USIA 4-6 TAHUN DI TK DHARMA WANITA PUTRA PERTIWI BOJONEGORO
DOI:
https://doi.org/10.54040/jpk.v15i2.350Keywords:
pola asuh, kemampuan sosialisasi, anakAbstract
Kemampuan sosialisasi merupakan proses belajar berinteraksi, memahami orang lain dengan lebih baik, dan terbentuknya sebuah pengaruh sebagai hasil interaksi, sehingga penting bagi anak untuk diberikan stimulus dan dilatih sejak usia dini. Fenomena kurangnya kemampuan sosialisasi anak dapat dilihat ketika anak masih takut bertemu orang lain dengan sering menundukkan kepalanya, menutup mata dan tidak melepaskan pegangan dari tangan ibunya. Hal tersebut salah satunya merupakan cerminan dari pola asuh selama di rumah, terutama ibu sebagai orang yang menjadi sumber pertama pembelajaran anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara pola asuh ibu dengan kemampuan sosialisasi pada anak usia 4-6 tahun di TK Dharma Wanita Putra Pertiwi tahun 2025.
Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini semua ibu yang memiliki anak usia 4-6 tahun sejumlah 43 orang. Sampel dalam penelitian ini sebagian ibu dengan jumlah 39 orang. Teknik sampling menggunakan simple random sampling. Variabel independen pola asuh ibu dan variabel dependen kemampuan sosialisasi. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengolahan data melalui proses editing, coding, scoring, tabulating dan analysis menggunakan uji statistik rank spearman dengan ? = 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar memiliki pola asuh otoriter sebanyak 20 responden (51,3%) dan memiliki kemampuan sosialisasi baik sebanyak 14 responden (35,9%). Hasil uji statistik rank spearman didapatkan nilai p = 0,001 < ? = 0,05 maka H1 diterima. Kesimpulan penelitian ini, ada hubungan antara pola asuh ibu dengan kemampuan sosialisasi pada anak usia 4-6 tahun di TK Dharma Wanita Putra Pertiwi Bojonegoro. Saran bagi ibu, diharapkan untuk memberikan pola asuh otoriter sehingga anak mempunyai kemampuan sosialisasi yang baik.
References
Emiliza, T. (2019). Konsep psikososial menurut teori Erik H.Erikson terhadap pendidikan anak usia dini dalam tinjauan pendidikan islam. In repository.iainbengkulu.ac.id.
Ernawati. (2019). Hubungan antara pola asuh yang diterapkan orang tua terhadap kemampuan sosialisasi anak usia 4-5 tahun. Journal.Umpalopo.Ac.Id, 09(01),778–786. https://journal.umpalopo.ac.id/index.php/VoM/article/view/85.
Julianti, H., & Jusmaeni, R. (2021). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kemampuan Sosialisasi Anak Prasekolah. Jurnal.Ikbis.Ac.Id, 1(1), 10–15. https://jurnal.ikbis.ac.id/JPKK/article/view/189.
Latifah, W., Damar, V., & Adinda, D. (2021). Keterlibatan orang tua pada pendidikan anak usia TK dalam belajar bersosialisasi dengan teman sebaya. Ejournal.Unis.Ac.Id, 1, 1–10. http://www.ejournal.unis.ac.id/index.ph p/PKIM/article/view/1940.
Lestari, L., Sukmawati, I., & Rahmawati, I. (2018). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kemampuan Sosialisasi Anak Prasekolah ( 4-6 Tahun ) Di TK ABA (Aisyiyah Bustanul Athfal) Kelurahan Linggasari Ciamis Tahun 2017. Ojs.Stikesmucis.Ac.Id, 5(2), 10–20. https://doi.org/10.52221/jurkes.v5i2.30.
Listiani, A. D., & Nuryanti. (2021). Hubungan pola asuh orang tua dengan tingkat Perkembangan anak usia 4-6 tahun di rw 01 permata balaraja kabupaten tangerang. Nusantarahasanajournal.Com, 1(7), 77–86. http://nusantarahasa najournal.com/index.php/nhj/article/view/205.
Liyana, intan. (2019). karakteristik perkembangan sosial emosi.
Mardiah, L. Y., & Ismet, S. (2021). Dampak pengasuhan otoriter terhadap perkembangan sosial anak. JCE (Journal of Childhood Education), 5(1), 82–95. http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce/article/view/497.
Ningtyas, M. (2018). Bab III - Metode Penelitian Metode Penelitian. In Metode Penelitian. https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=bab+3+metode+penelitian&btnG=.
Notoatmodjo. (2018). Metodologi Penelitian. In Pengolahan, Pnegumpulan data, Kriteria.
Nuriskasari, I., Ekayuliana, A., Sukandi, A., & Abadi, C. S. (2021). Pengenalan Pembuatan Sabun Cuci Minyak Jelantah Pada Warga Kampung Kebon Duren-Depok. Mitra Akademia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 182–189. https://doi.org/10.32722/mapnj.v4i2.4280.
Prameswari, H. A. (2020). Hubungan pola asuh orang tua dengan perilaku berkendara remaja (usia 12-15 tahun) [stikes icme jombang]. In repo.stikesicme-jbg.ac.id. https://repo.stikesicme-jbg.ac.id/3870/1/HELEN AYU PRAMESWARI - 163210057 %28SKRIPSI%29.pdf.
Rahman, U. (2009). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini. Journal3.Uin- Alauddin.Ac.Id, 12(1), 46–57. https://doi.org/10.24252/lp.2009v12n1a4.
Retnawati, H. (2017). Teknik Pengambilan Sampel. Staffnew.Uny.Ac.Id. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132255129/pengabdian/15-Teknik Penyampelan alhamdulillah.pdf.
Sarinah, Ali, M., & Hakim, L. (2021). Peran orang tua dalam penguatan kemampuan sosialisasi pada anak usia 5-6 tahun. Jurnal.Untan.Ac.Id, 10(10), 1–8. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/50109.
Setiarsih, D., & Sari, R. (2021). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Sosial Anak Prasekolah Usia 4-6 Tahun. Journal.Umg.Ac.Id, 2(1), 61–70. https://doi.org/10.30587/ijpn.v2i1.3090.
Sihombing, J. P. (2020). Analysis of Changes in Nurse Behavior Before and After Phlebitis Prevention Training At Medan Bunda Thamrin Hospital in 2019. Ilmiah Koleksi, 4(4), 17–23. https://kohesi.sciencemakarioz.org/index.php/JIK/article/download/183/189.
Sofiani, I. K., Sumarni, T., & Mufaro’ah, M. (2020). Bias Gender dalam Pola Asuh Orangtua pada Anak Usia Dini. Obsesi.or.Id, 4(2), 766–777. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.300.
Stia, D. ade. (2019). Pengaruh metode bermain peran terhadap kemampuan sosialisasi pada anak pra sekolah (Studi DiTK Tunas Abadi II Besah Kecamatan Kasiman Kabupaten Bojonegoro). In repo.stikesicme-jbg.ac.id. http://repo.stikesicme-jbg.ac.id/2487/.
Sugiyono, D., & Lestari, D. P. (2021). Metode Penelitian Komunikasi (P. Dr. Sugiyono & D. P. Lestari M.Si (eds.)).
Zuliatun, N. A. (2010). Pengaruh kemampuan sosialisasi siswa dan keaktifan siswa belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ips siswa kelas viii smp muhaamadiyah 5 surakarta [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. http://eprints.ums.ac.id/8682/.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Anin Wijayanti Anin, Endang Yuswatiningsih, Hartatik

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

