PARTISIPASI PAUD DAN PERKEMBANGAN ANAK PRASEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.54040/jpk.v2i1.147Keywords:
partisipasi PAUD, perkembangan, prasekolahAbstract
Usia prasekolah merupakan masa golden age, saat itu anak membutuhkan stimulasi yang maksimal untuk perkembangan bahasa, motorik kasar-halus, dan personal social. Stimulasi yang maksimal ini bisa didapatkan dirumah maupun di PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Pada kenyataannya masih ada ibu yang tidak mengikut sertakan anaknya dalam PAUD dengan berbagai alasan seperti sibuk bekerja, masalah ekonomi, dan menganggap stimulasi yang diberikan orang tua dirumah sudah cukup. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa hubungan partisipasi PAUD dengan perkembangan anak usia prasekolah. Desain penelitian ini adalah Korelasional dengan pendekatan Cross Sectional. Pengambilan sampel dengan teknik Simple Random sampling, besar sampel 34 orang. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi partisipasi PAUD dan Denver II . Hasil analisa data dari 34 responden, sebanyak 59% mengikuti PAUD dan 41% tidak mengikuti PAUD, sedangkan perkembangan anak 65% menunjukan perkembangan normal dan 35% suspect. Hasil uji statistic Range Spearman didapatkan ? = 0.002 dan Correlation Coefisient 0.508, yang berarti ada hubungan yang signifikan antara partisipasi PAUD dengan perkembangan anak usia prasekolah. PAUD sangat membantu orang tua dalam menstimulasi perkembangan bahasa, motorik halus-kasar, dan personal social anak,untuk itu diharapkan kader di RW 09 Desa Trosobo, Taman-Sidoarjo memotivasi orang tua dalam mengikut sertakan anaknya dalam PAUD.