PENURUNAN ELDER ABUSE MELALUI TERAPI PSIKOEDUKASI KELUARGA

Authors

  • Chindy Maria Orizani
  • Mega Putri Ayu Lestari

DOI:

https://doi.org/10.54040/jpk.v8i2.82

Keywords:

terapi psikoedukasi keluarga, elder abuse, lansia

Abstract

Masalah yang umum terjadi pada lansia yaitu adanya gangguan kognitif, isolasi sosial, atau adanya ketergantungan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari sehingga lansia merupakan salah satu kelompok yang rentan terhadap elder abuse. Salah satu tindakan kekerasan pada lansia adalah perlakuan yang salah (neglected), istilah yang sering kita dengar adalah elder mistreatment kadang juga kita sebut abuse of the elderly. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi pengaruh terapi psikoedukasi keluarga terhadap elder abuse di RT 01 RW 05 Penanggungan Kelurahan Petemon Kecamatan Sawahan Surabaya. Penelitian ini menggunakan praeksperimental dengan one group pretest-postest design dengan sampel berjumlah 30 responden yang diambil dengan teknik total sampling. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Terapi Psikoedukasi Keluarga dan variabel dependennya adalah penurunan Elder abuse. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembar Satuan Acara Kegiatan untuk Terapi Psikoedukasi Keluarga dan lembar kuesioner Elder Abuse yaitu Hwalek Sengstock Elder Abuse Screening Tool (HSEAST). Data dianalisis dengan menggunakan uji Mc Nemar dan didapatkan nilai ?=0,000 (? < 0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara terapi psikoedukasi keluarga dengan elder abuse. Terapi Psikoedukasi dapat dilakukan untuk mengurangi elder abuse yang terjadi terutama pada lansia.

Downloads

Published

2019-01-07

How to Cite

Chindy Maria Orizani, & Mega Putri Ayu Lestari. (2019). PENURUNAN ELDER ABUSE MELALUI TERAPI PSIKOEDUKASI KELUARGA. JPK : Jurnal Penelitian Kesehatan, 8(2), 78–83. https://doi.org/10.54040/jpk.v8i2.82

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.