HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA DENGAN KESIAPAN STIKES ‘AISYIYAH YOGYAKARTA TERHADAP PELAKSANAAN INTERPROFESSIONAL EDUCATION (IPE)

Authors

  • Veronica Silalahi STIKES KATOLIK ST.VINCENTIUS A PAULO SURABAYA

DOI:

https://doi.org/10.54040/jpk.v6i2.100

Keywords:

persepsi, kesiapan, interprofessional education (IPE)

Abstract

Interprofessional Education(IPE) merupakan pembelajaran yang interaktif, berbasis pembelajaran kelompok profesi, dengan menciptakan suasana belajar yang kolaboratif sehingga antar profesi dapat melakukan interaksi untuk menyampaikan pemahaman tentang interpersonal, kelompok, organisasi sebagai proses profesionalisme profesi. Interprofessional Education(IPE) dapat terjalin jika terdapat dua atau lebih mahasiswa kesehatan dengan bidang yang berbeda untuk belajar bersama untuk meningkatkan kualitas kolaborasi tenaga kesehatan pada lingkungan praktik. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis bagaimana hubungan persepsi dengan kesiapan mahasiswa mengenai Interprofessional Education (IPE)di STIKES „Aisyiyah Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian observasional dan menggunakan rancangan penelitian cross sectional pada 65 mahasiswa di STIKES „Aisyiyah Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel pada kelompok penelitian ini menggunakan purposive sampling. Hasil uji statistik Rank Spearman didapatkan bahwa p= 0.644 dengan nilai p>? yang berarti H0 diterima artinya tidak ada hubungan yang siginifikan antara persepsi dengan kesiapan mahasiswa terhadap IPE di STIKES „Aisyiyah Yogyakarta. Saran yang dapat diberikan adalah perlu mensosialisasi kepada seluruh mahasiswa tentang IPE dan mulai menerapkan IPE sebagai salah satu mata kuliah dalam kurikulum pendidikan tinggi kesehatan.

Downloads

Published

2017-01-07

How to Cite

Silalahi, V. . (2017). HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA DENGAN KESIAPAN STIKES ‘AISYIYAH YOGYAKARTA TERHADAP PELAKSANAAN INTERPROFESSIONAL EDUCATION (IPE) . JPK : Jurnal Penelitian Kesehatan, 6(2), 83–89. https://doi.org/10.54040/jpk.v6i2.100

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.