MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN MENGUKUR TTV MAHASISWA PROGRAM STUDI KEPERAWATAN

Authors

  • Yuni Kurniawaty STIKES KATOLIK ST.VINCENTIUS A PAULO SURABAYA

DOI:

https://doi.org/10.54040/jpk.v6i2.98

Keywords:

motivasi, keterampilan TTV

Abstract

Keberhasilan mahasiswa dalam proses pendidikan dipengaruhi beberapa hal, diantaranya adalah motivasi belajar. Beberapa mahasiswa di STIKES Katolik St. Vincentius A Paulo didapatkan 39% (dari 41 mahasiswa) kurang terampil dalam melakukan TTV di laboratorium. Karena itu, penulis mencoba melakukan penelitian tentang hubungan motivasi belajar dengan penilaian keterampilan mengukur TTV mahasiswa Prodi D3 Stikes Katolik St. Vincentius a Paulo.Desain penelitian cross sectional. Sampel penelitian 34 responden. Teknik sampling menggunakan total sampling. Variabel independent yaitu penilaian keterampilan mengukur TTV, variabel dependent yaitu motivasi belajar. Analisa data dengan uji statistik Rank Spearman dengan signifikan ? = 0,05. Hasil uji statistik Rank Spearman didapatkan p = 0,269. Hasil p > ?, yaitu tidak ada hubungan motivasi dengan penilaian keterampilan TTV pada mahasiswa D3 Keperawatan Angkatan 2013 STIKES Katolik St. Vincentius a Paulo.Disimpulkan bahwa tidak adanya hubungan motivasi dengan penilaian keterampilan TTV pada mahasiswa D3 Keperawatan Angkatan 2013 STIKES Katolik St. Vincentius a Paulo, dikarenakan adanya faktor yang mempengaruhi pencapaian target keterampilan, maka kesiapan secara utuh yang terdiri dari kesiapan fisik, kesiapan emosi (motivasi), kesiapan pengalaman dan kesiapan pengetahuan tidak bisa dipisahkan.

Downloads

Published

2017-01-07

How to Cite

Kurniawaty , Y. . (2017). MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN MENGUKUR TTV MAHASISWA PROGRAM STUDI KEPERAWATAN. JPK : Jurnal Penelitian Kesehatan, 6(2), 72–77. https://doi.org/10.54040/jpk.v6i2.98

Issue

Section

Articles