PERSEPSI DOSEN TERHADAP INTERPROFESSIONAL EDUCATION (IPE)

Authors

  • Ignata Yuliati STIKES KATOLIK ST. VINCENTIUS A PAULO SURABAYA

DOI:

https://doi.org/10.54040/jpk.v4i1.130

Keywords:

interprofessional education, persepsi dosen, tenaga kesehatan

Abstract

Dosen sebagai fasilitator dalam proses pendidikan memiliki peran yang sangat
penting dalam proses pembelajaran IPE. Sikap dan penerimaan mahasiswa terhadap
profesi lain maupun proses IPE dipengaruhi oleh pemahaman dosen dalam memfasilitasi
pelaksanaan IPE. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi dosen mengenai
interprofessional education. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Populasi
penelitian dosen tetap STIKES Katolik St. Vincentius a Paulo Surabaya yang memenuhi
kriteria inklusi yaitu sebanyak 20 responden. Instrument yang digunakan adalah kuisioner
yang mengacu pada Interdisciplinary Education Perception Scale (IEPS). Berdasarkan
analisis statistik didapatkan hasil persepsi dosen tentang IPE; Pada komponen bukti
bekerjasama memiliki nilai mean tertinggi yaitu 4,45; Persepsi kebutuhan untuk
bekerjasama memiliki nilai mean 4.20; Kompetensi dan otonomi memiliki nilai mean
4.13; Pemahaman terhadap profesi lain memiliki nilai mean 3,39. Hasil tersebut
menunjukan bahwa rata-rata dosen memiliki persepsi yang baik terkait dengan IPE.
Penerapan IPE dalam proses pembelajaran penting sehingga dapat meningkatkan
pemahaman mahasiswa dalam fungsi kolaborasi sehingga pada akhirnya dapat
meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.

Downloads

Published

2014-11-07

How to Cite

Yuliati, I. (2014). PERSEPSI DOSEN TERHADAP INTERPROFESSIONAL EDUCATION (IPE). JPK : Jurnal Penelitian Kesehatan, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.54040/jpk.v4i1.130

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.