KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN

Authors

  • Maria Yuliana Wanda STIKES KATOLIK ST.VINCENTIUS A PAULO SURABAYA
  • Yustina Kristianingsih STIKES KATOLIK ST.VINCENTIUS A PAULO SURABAYA
  • Yuni Kurniawaty STIKES KATOLIK ST.VINCENTIUS A PAULO SURABAYA

DOI:

https://doi.org/10.54040/jpk.v8i1.123

Keywords:

Komunikasi terapeutik, kepuasan pasien

Abstract

Pelaksanaan komunikasi terapeutik perawat yang semakin optimal dan efektif akan memberikan kepuasan terhadap pasien. Tujuan penelitianini adalah menganalisis hubungan pelaksanaan komunikasi terapeutik perawat dengan tingkat kepuasan pasien. Desain penelitian ini adalah studi korelasidengan pendekatan cross sectional.Pengambilan sampling menggunakan teknik consecutive sampling, besar sampel 33 responden. Hasil penelitian didapatkan pelaksanaan komunikasi terapeutik perawat sangat baik 46%, pelaksanaan komunikasi terapeutik perawat sedang 21%, pelaksanaan komunikasi terapeutik perawat baik 12%, pelaksanaan komunikasi terapeutik perawat buruk 12%, pelaksanaan komunikasi terapeutik perawat sangat buruk 9% dan tingkat kepuasan pasien 46% responden sangat puas, 30% responden kurang puas dan 24% responden puas. Berdasarkan hasil uji statstik Rank Spearman menggunakan program SPSS16.0 didapatkan hasil p=0,002P < ? 0,005 maka H0 ditolak dengan koefisien korelasi +0.521. Peneliti memberikan saran kepada rumah sakit bekerja sama dengan diklat rumah sakit dan diklat kepeawatan untuk memberikan pembinaan terhadap perawat tentang holistic care dan transcultural nursing.

Downloads

Published

2018-07-07

How to Cite

Yuliana Wanda, M. ., Kristianingsih, Y., & Kurniawaty , Y. . (2018). KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN . JPK : Jurnal Penelitian Kesehatan, 8(1), 33–38. https://doi.org/10.54040/jpk.v8i1.123

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.