METODE ROLE PLAYING MENINGKATKAN PENGETAHUAN MANAJEMEN PENERIMAAN PASIEN BARU PADA MAHASISWA

Authors

  • Sri Winarni STIKES KATOLIK ST. VINCENTIUS A PAULO SURABAYA

DOI:

https://doi.org/10.54040/jpk.v4i1.135

Keywords:

Role playing, Pengetahuan, Pasien baru

Abstract

Manajemen penerimaan pasien baru merupakan peristiwa yang sangat penting
untuk membangun relasi antara perawat, sehingga bisa meningkatkan kooperatif pasien
dan peningkatan mutu layanan. Fenomena yang terjadi rumah sakit masih ada perawat
menerima pasien baru tidak sesuai dengan prosedur karena mereka tidak tahu.Tujuan
penelitian ini untuk menganalisa pengaruh metode pembelajaran role playing terhadap
tingkat pengetahuan maasiswa tentang manajemen penerimaan pasien baru. Desain
Penelitian pra eskperimental One Group Pra Test Post Test Design dengan besar sample
32. Hasil penelitian sebelum pembelajaran role playing 88% berpengetahuan kurang dan
sesudah pembelajran role playing 53% berpengetahuan baik. Hasil uji statistik diperoleh
dengan menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test dengan nilai signifikan ? = 0,05 dan
didapatkan harga p = 0,000. Hal ini berarti ada pengaruh metode pembelajaran
roleplaying terhadap tingkat pengetahuan mahasiswa mengenai manajemen penerimaan
pasien baru. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, didapatkan bahwa metode
pembelajaran role playing efektif untuk meningkatkan pengetahuan tentang manajemen
penerimaan pasien baru karena mahasiswa langsung memerankan diri sesuai dengan
perannya sehingga terdapat integrasi antara kognitif, afektif dan psikomotor.

Downloads

Published

2014-11-07

How to Cite

Winarni, S. (2014). METODE ROLE PLAYING MENINGKATKAN PENGETAHUAN MANAJEMEN PENERIMAAN PASIEN BARU PADA MAHASISWA. JPK : Jurnal Penelitian Kesehatan, 4(1), 12–15. https://doi.org/10.54040/jpk.v4i1.135

Issue

Section

Articles