TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA S1 KEPERAWATAN SEMESTER LIMA TERHADAP PERKULIAHAN DARING PADA SAAT PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.54040/jpk.v10i2.215Keywords:
Covid-19, kepuasan mahasiswa, pembelajaran daringAbstract
Pembelajaran daring menjadi salah satu solusi pada proses belajar mengajar saat pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Pembelajaran yang berkualitas merupakan pembelajaran efektif yang dapat diamati melalui tingkat kepuasan mahasiswa. Kepuasan mahasiswa merupakan perasaan seseorang dalam menanggapi dan menilai terhadap hasil yang diharapkan berdasarkan pengetahuan dan pengalaman sebelumnya yang ada di memori.
Kepuasaan mahasiswa terhadap pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 belum banyak diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa S1 Keperawatan semester lima terhadap pembelajaran daring pada saat pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif dengan jumlah responden sebanyak 90 mahasiswa yang dipilih dengan teknik total sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dikembangkan oleh peneliti dan telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa kuesioner valid dengan nilai korelasi Pearson ? 0,3 dan reliable karena Alpha Cronbach ? 0,6. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisa dengan statistika diskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa lebih dari 50% responden (n=51; 56,7%) merasa puas dan sangat puas (n=9; 10%) dengan perkuliahan daring. Sementara itu responden yang merasa tidak puas dan sangat tidak puas adalah 26 (28,9%) dan 4 (4,4%). Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa meskipun pembelajaran dilakukan dengan daring lebih dari 50% mahasiswa merasa puas dengan pembelajaran daring pada saat pandemi Covid-19.