PENGARUH PEMBELAJARAN MULTIMEDIA PADA KETRAMPILAN MEMASANG FOTO TERAPI

Authors

  • Marcellina Rasemi Widayanti STIKES KATOLIK ST. VINCENTIUS A PAULO SURABAYA

DOI:

https://doi.org/10.54040/jpk.v5i1.150

Keywords:

pembelajaran ketrampilan, multimedia

Abstract

Pembelajaran ketrampilan membutuhkan metode yang sesuai serta harus dilakukan secara berulang-ulang, hal ini tidak cukup hanya di demonstrasikan di depan kelas atau laboratorium saja. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka dalam pembelajaran ketrampilan dibutuhkan alat bantu multimedia.Desain dalam penelitian ini adalah pra – experiment, dengan populasi mahasiswa semester IV STIKES Katolik St.Vincentius a Paulo, kriteria inklusi bersedia diteliti dan hadir pada saat pengambilan data, menggunakan sampling jenuh jumlahnya 53 responden, Variabel bebas dalam penelitian adalah pembelajaran multimedia, variable terikat yaitu hasil ketrampilan memasang fototerapi. Data dikumpulkan menggunakan cheklist.Hasil uji statistic Wilcoxon dengan tingkat signifikan ? = 0.05 dan didapatkan harga p = 0.000 maka p < ? maka Ho ditolak, artinya ada pengaruh pembelajaran multimedia terhadap ketrampilan memasang fototerapi pada mahasiswa STIKES Katolik St.Vincentius a Paulo Surabaya. Berdasarkan hasil maka disarankan pada dosen pengajar ketrampilan keperawatan untuk membuat multimedia /video guna membantu mahasiswa untuk belajar mandiri.

Downloads

Published

2016-01-07

How to Cite

Rasemi Widayanti, M. (2016). PENGARUH PEMBELAJARAN MULTIMEDIA PADA KETRAMPILAN MEMASANG FOTO TERAPI. JPK : Jurnal Penelitian Kesehatan, 5(1), 43–47. https://doi.org/10.54040/jpk.v5i1.150

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.