EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL EVALUASI BELAJAR MAHASISWA

Authors

  • Cicilia Wahju Djajanti STIKES KATOLIK ST. VINCENTIUS A PAULO SURABAYA

DOI:

https://doi.org/10.54040/jpk.v4i1.139

Keywords:

pengetahuan, problem based learning, hasil evaluasi belajar

Abstract

Problem Based Learning (PBL)/belajar berbasis masalah adalah suatu metode atau
cara pembelajaran yang ditandai oleh adanya masalah nyata sebagai sebuah konteks bagi
para pelajar untuk belajar berpikir kritis dan ketrampilan memecahkan masalah serta
memperoleh pengetahuan. Tujuan penelitian ini membuktikan efektifitas pembelajaran
berbasis masalah (Problem Based Learning) terhadap hasil evaluasi belajar mahasiswa
kesehatan. Desain penelitian ini menggunakan pra eksperimental dengan rancangan pra testpost
test control group design. Metode pengambilan sampel menggunakan tehnik simple
radom sampling. Hasil uji statistic menggunakan Wilcoxon didapatkan p = 0,005 dengan
nilai signifikan alpa = 0,05 oleh karena p < alpha, maka ada pengaruh pembelajaran PBL
terhadap hasil evaluasi belajar. Pembelajaran PBL merupakan metode yang efektif terhadap
peningkatan evaluasi hasil belajar. Maka peneliti menyarankan untuk lebih menggunakan
metode PBL dalam pembelajaran fisiologi dengan beberapa model yang menarik sehingga
mahasiswa lebih tertarik dan termotivasi untuk meningkatkan hasil evaluasi belajar.

Downloads

Published

2014-11-07

How to Cite

Wahju Djajanti, C. (2014). EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL EVALUASI BELAJAR MAHASISWA. JPK : Jurnal Penelitian Kesehatan, 4(1), 34–38. https://doi.org/10.54040/jpk.v4i1.139

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.